Search

Pandora Heart

I'm not trying to hide anything. It's just that I don't want to see.

Bebek Goreng dan Ulang Tahun

Hari ini saya genap berumur 30 tahun. Tahun ini saya ngerasa sedikit sentimental, secara resmi sudah kepala 3 hahaha.

Pic : http://instagram.com/itsweinye

Terlepas dari itu, tahun ini saya lebih rileks dari tahun-tahun sebelumnya. Saya tidak berharap apapun seperti yang sudah-sudah, ataupun ingin sesuatu yang spesial hari ini. Hari ini pun berlalu seperti biasanya  

Saya bersyukur dikelilingi oleh orang-orang baik, yang memang ingat atau baru sadar setelah melihat Facebook sebagai pengingat :))

Malam ini menunya sedikit spesial. Bebek goreng legendaris favorit keluarga, yang hanya muncul setiap kali ada anggota keluarga yang ulang tahun. Menu ini selalu hadir untuk dimakan bersama-sama, mulai dari saya masih bocah sampai sekarang jadi emak-emak (kucing) yang rempong.

Malam ini saya makan bebek goreng berdua dengan Ibu, dan duduk di kursi yang dulu biasa ditempati almarhum Bapak. Saat makan dan menyisihkan kulit bebek goreng, saya ingat Bapak yang selalu makan kulit atau kepala bebek. Daging dada atau paha selalu diberikan pada saya, si bungsu yang dulu sering susah makan.

I take them all for granted. 

Iya, dari dulu saya memang ga tahu diri, waktu masih ada biasa aja, begitu ditinggal nyesek di dada 😐

Malam ini, saya lebih rindu beliau dari biasanya.

Advertisements

Belajar Fokus (lagi)

Bisa nonton IG stories satu jam, tapi baca buku satu bab udah ketiduran.

Bisa scroll Twitter sampai lupa makan, tapi fokus ngerekap laporan belum sepuluh menit udah nyerah.

Di kantor, sekalinya buka tab browser, 90% isinya entertainment (kadang malah nyolong-nyolong waktu buat nonton drama *uhuk). Dasar kamu gabut melulu! *ngomong sama cermin*

Bullet journal-ing sampai saat ini cukup membantu biar ga salah fokus terus-terusan (tema 2017 buat saya adalah #kurangisalfok2017).

Tapi untuk detox social media, kayaknya lebih mendesak demi kesehatan mental.

Saya nggak mau jadi mbak-mbak yang saya lihat semalam, terhuyung-huyung nyaris terjungkal dan nabrak orang gara-gara nggak lihat jalan, lebih fokus sama smartphonenya 😦

Ambisi

Saya biasanya ga percaya dengan yang namanya penggolongan karakter berdasarkan golongan darah, tapi kalau memilih salah satu karakter yang mencerminkan saya, itu adalah soal ambisi.

Dalam berbagai kasus, saya menyebut diri sendiri sebagai jack of all trades, master of none. Saya sering tertarik pada banyak hal dalam satu waktu, membaca sedikit lebih banyak dari orang lain, kadang-kadang dibilang google berjalan. Tapi ya itu, ilmu saya cetek, kalau misalkan ada kasus yang saya kurang tahu, saya juga ga berani rekomendasikan ini-itu (walau tetap saja saya sering kemeruh dan menyesatkan *sungkem).

Seseorang pernah bilang, seandainya saya punya sedikit lebih banyak ambisi untuk menjadi leader, bukan nggak mungkin pak bos mengangkat derajat kacung seperti saya ini ke level yang lebih tinggi. Tapi ya begitulah, menjadi tokoh di balik layar dan menjadi ninja yang keberadaannya menyatu dengan pot kembang masih jadi pilihan utama saat ini. 

Ambisi untuk naik panggung dan menguasai dunia? Nanti dulu (kalau ingat).

Unpretty Journal

Saya punya banyak buku catatan. Mulai dari diary menye-menye jaman sekolah, binder yang isinya kata-kata bijak, catatan kuliah dan ide-ide untuk PKM, catatan keuangan (yang terlupakan setelah 7 hari).

Sekarang, buku catatan lebih banyak saya gunakan untuk mencatat to-do list, daftar belanja, pekerjaan kantor, info penting (seperti cara minta surat rujukan dan prosedur menebus obat pakai BPJS). Kadang nyelip catatan uneg-uneg, bucket list, wishlist item, resep masakan ibu mertua, komik dan TV seri yang ingin dibaca dan ditonton.

Memang sih, sudah ada teknologi yang memudahkan, seperti Evernote, tapi tetap saja rasanya lebih greget untuk menulis acak-acakan dan mencoretnya di buku. Ide-ide juga lebih mudah keluar waktu menulis pakai tangan.Β Yes, it’s unpretty and I’m proud of it.

Continue reading “Unpretty Journal”

Sepuluh Tahun

Sepuluh tahun berlalu, terlalu banyak memori tersimpan, terlalu banyak kenangan terlupakan.

Jatuh bangun berkali-kali.

Membenci dan memaafkan.

Pemakaman tanpa air mata.

Bunga mawar yang tak sempat terbeli.

Prioritas menggunakan uang dan waktu sudah berubah sejak sepuluh tahun yang lalu.

Ada yang berubah.

Terlalu sering saya tenggelam dalam rutinitas. Saya tak lagi menulis untuk mengosongkan pikiran. Saya memilih berkeluh kesah dengan orang tersayang, atau konfrontasi langsung dengan orang lain jika ada sesuatu yang tidak beres. Catatan harian berganti catatan anggaran keuangan tiap bulan. Tempe goreng dengan sambal bawang sekarang menjadi menu yang selalu saya nantikan.

Ada yang tetap sama.

Saya masih sering sulit tidur jika ada pikiran yang mengganggu. Saya masih suka main games online dan baca komik. Saya sedang ‘menekuni’ ritual skincare Korea dan memilah tahapan mana yang bisa disesuaikan dengan tipe kulit saya. Jajan saya sekarang nggak cuma makanan, tapi juga skincare :))

Kalau kamu, apa yang berubah setelah sepuluh tahun?

That’s all I have to say. That’s all I need to know.

(John Watson, His Last Vow)

 

And here we are, celebrate the 3rd anniversary by playing Ragnarok Online

Kacang Merah

Saya punya beberapa cerita soal kacang merah.

Yang pertama, waktu kecil saya punya kebun kacang mini di belakang rumah. Kacang merah, adalah salah satu kacang yang tidak pernah dikonsumsi di rumah, tapi saya suka banget nanem itu karena gampang tumbuh dan cepat panen. Biji kacang saya panen buat main dakonan :)) Kebun kacangnya sendiri sudah dibabat habis tidak lama sebelum saya pindah rumah. Setelah itu, tidak ada satu tanaman pun yang bertahan lebih dari dua minggu selama saya rawat. I don’t have a green thumb as most plants I planted have died. Baru-baru ini saya beli tanaman hias untuk meja kantor, sudah rajin disiram dan dijemur tapi malah daunnya kuning dan rontok. Partner juga sukses membuat satu kaktus yang tidak berdosa busuk akarnya dalam tempo satu minggu. Fix lah kalau pingin liat bunga-bungaan ke Pasar Bunga Splendid aja ~_~

Yang kedua, saya tidak suka sop kacang merah, tapi saya suka kalau kacang merah diolah manis. Mau dimasukkan dalam es serut, puding, mochi, teh tarik, onde-onde, saya suka semuanya. Saya pernah menghabiskan sekilo kacang merah manis isian sop buah sisa resepsi pernikahan saya dua tahun yang lalu. Seneng iya mual juga iya.

Yang ketiga, semalam kaki saya bengkak seperti anak gajah. Kalau ditekan tidak sakit tapi terasa mengganjal. Kata ibu saya, waktu tidur kakinya diganjal lebih tinggi dan minum vitamin B kompleks. Pagi ini sudah tidak terlalu bengkak, tapi kadang-kadang terasa sedikit nyeri di pergelangan kaki. Saya diberi obat asam urat, lalu mengingat-ingat makan apa kemarin. Saya tidak makan seafood atau semacamnya, tapi bisa jadi ini efek makan es kacang merah dua hari yang lalu ditambah selama dua hari ini setelan kursi kantor terlalu tinggi. Ha.

IMG_20161222_145030.jpg
Es KTT (Kacang Top Ternate) Original. Enak bingit kalo lagi ga sakit

Bulan Desember ini jadi semacam pengingat untuk jaga kesehatan. Sebelum ini, mau secapek apapun kalau sudah ditinggal tidur ya sudah segar lagi. Baru minggu lalu saya cek lab setelah dua minggu demam. Hasilnya trombosit mendekati batas bawah normal, liver bengkak dan positif tipes. Mungkin kombinasi kecapekan, tidak pernah olahraga, dan makan tak teratur. Berhari-hari makan bubur nasi dan bubur oat, minum vitamin dan suplemen seperti makan permen, tidak boleh makan yang pedas-pedas sementara waktu.

Saya telat sadar diri sih, lupa kalau sehat itu mahal. Untungnya ga sampai rawat inap, cukup rawat jalan dan istirahat di rumah.

Kalian juga jaga diri ya. Jangan maraton nonton bibir merahnya Lee Dong Wook Goblin sampai pagi kalau badan lagi remuk *self-reminder*

Cerita Seingatnya : Inferno & Doctor Strange

Buat saya, lebih mudah menulis selagi ingatan masih segar, hangat, muncul banyak rasa untuk diungkapkan.

Jika saja saya menulis kesan tentang film Inferno dan Doctor Strange tepat setelah selesai menonton di bioskop, saya akan bercerita dengan penuh emosi soal Inferno atau penuh pujian dan cekikikan disana-sini soal Doctor Strange.

Tapi yah daripada jadi mimpi buruk karena terus-terusan ada di to do-list, inilah apa yang masih tersisa di benak saya soal film-film itu.

Continue reading “Cerita Seingatnya : Inferno & Doctor Strange”

[Kuliner] Ada yang Baru di Kirin!

Semuanya berawal dari sebuah pesan di Whatsapp (2/9/2016), dari tempat makan kesayangan, Kimbap Rina (Kirin). Kok tanggal 4? Apakah ini pesta ulang tahun untuk saya? *ge-er kamu!*

WhatsApp Image 2016-09-02 at 10.17.46 AM

Continue reading “[Kuliner] Ada yang Baru di Kirin!”

Up ↑