Entah knapa selalu saja luka kembali tergores ketika luka-luka yang ada belum sembuh..

– Aku pusing, sekarang BBM naek, ongkos angkot juga naek, mestinya 900 ko mereka mintanya 1000. Apalagi uang sakuku ngga ikutan naek, gimana aku bisa skolah? (suatu episode di kantin)

– Maunya Malaysia apa sih? Seenaknya sendiri nyaplok daerahnya orang, yang bener aja!! (satu episode di tengah-tengah upacara, asyik ngobrol sendiri)

– GAM itu separatis!! Mereka harus dibasmi! Ga ada gunanya terus-terusan kompromi sama mereka! Kalo ngga dibasmi sampe akar-akarnya, mereka akan terus ngelawan!! (satu episode saat diskusi mengenai pemecahan masalah antara GAM dan Indonesia)

– TKI dipulangin aja ke Indonesia! Disana daripada mereka cuma ditelantarkan, mendingan balik! Pemerintah juga harus tegas dalam menangani masalah ini! (satu episode saat diskusi mengenai pemecahan masalah TKI di Malaysia)

Gila aja Matos dibangun seenaknya di veteran! Padahal itu kan lingkungan pendidikan, semestinya kan ga boleh dbangun mall etc. Tapi napa masih aja dbangun?? Pada ga beres tuh birokrasinya…Mentang-mentang investasinya nguntungin, ga mikir ruginya apa..Veteran sekarang gampang kna banjir..Ga hanya itu, Sawojajar, Pulosari n tempat-tempat yang padat penduduknya juga sering kna banjir..Mana sekarang Malang jadi panas, banyak pohon ditebang, djadiin lahan pemukiman, ruko atopun plaza.

Tau ngga, lapangan Rampal tu udah jadi inceran swasta buat mall and plaza! Gila aja, taman-taman sekarang udah semakin habis dijadiin ruko, rumah n plaza. Malang makin gersang, pohon-pohon hijau ga sebanding banyaknya sama jumlah penduduk. Aku ga rela kalo Malang jadi gersang karena mereka lebih milih uang daripada kenyamanan.

– Malu-maluin banget..banyak tempat-tempat umum jadi ngga nyaman, gara-gara banyak pengemis, pencuri, PSK, orang pacaran yang kelewat batas… Kapan ya ada tempat yang asri, alami n nyaman di Malang??

Pembicaraan diatas bukan keluar dari mulutku sendiri, tapi dari teman-temanku. Aku ngga punya sesuatu untuk membantu, aku cuma bisa bilang, “Bisa ngga kalo ngomong waktu kepala lagi dingin?”
Panas-panas di siang bolong, tanpa makanan dan minuman bikin orang mudah emosi, termasuk aku. Daripada tereak-tereak ga jelas, ngelantur n ujung-ujungnya juga ga nyelesaiin masalah, mendingan duduk bareng, makan sampe kenyang n minum es teh biar seger. Kepala adem, perut kenyang, kompromi juga gampang. Mang gitu? Kalo aku sih iya πŸ˜‰

The pain’s still grown up, but I think we can face it.

Selamat hari ini, hari wanita internasional πŸ™‚ [thanks ya mpok, bwat pemberitauannya!]

Advertisements