Forgiving, or forgetting?

Memaafkan, ternyata tidak semudah melupakan. Melupakan, menghapuskan seseorang atau sebuah kenangan di masa lalu memang sulit, tapi memaafkan seseorang yang berbohong padaku, padahal aku sudah menaruh kepercayaan seutuhnya padanya, lebih sulit dari melupakan.
Saat melupakan, semua emosi atau perasaan yang pernah ada, lenyap tak berbekas. Jika teringat pun, hanya seperti menonton film bisu tanpa terhanyut oleh emosi. Seperti membaca buku sejarah, tanpa merasa pernah terlibat di dalamnya.
Saat harus memaafkan, perasaan tersakiti, dikhianati, dijatuhkan dari langit, dihancurkan berkeping-keping menjadi satu. Emosi yang menghalangiku untuk memaafkannya. Tapi ketika emosi itu terus menyakitiku, mau tak mau aku harus merelakannya. Memandangnya dari sisi yang lain, menenangkan diri, dan memaafkan dengan senyum yang tulus. Merekatkan kembali hati yang jatuh berkeping-keping, sendiri.
Aku bisa memaafkanmu, tapi aku tak pernah bisa melupakan yang pernah terjadi, berikut dengan emosi yang aku rasakan saat itu.
Maaf. Aku bukan malaikat, aku hanya manusia biasa.

12:11. bersama secangkir teh panas.

4 thoughts on “Forgiving, or forgetting?

  1. memaafkan artinya membebaskan diri…
    selama kesalahan itu belum di maafin, selama itu pula kecewa itu terus ada dan justru melipatgandakan rasa sakit karena di boongin. tapi kalo kebohongan itu dimaafkan, mereka akan merasa malu dan merasa bersalah bgt. memaafkan disini maksudnya bukan semata2 membiarkan kebohongan itu terjadi melainkan membebaskan diri dari pikiran2 negatif dan rasa kecewa….

  2. aku agak sulit memaafkan, apalagi kalo udah fatal akibatnya. aku cuma bisa memaafkan dia, kalo dia juga sudah merasakan apa yg aku rasakan (waktu dia nyakitin aku) :mrgreen:

    kenapa toh nduk? belakangan postinganmu mellow trus..

  3. Hallo

    Salam kenal…
    Sembari blogging bisnis yukk… Bisnis online yang bisa sinergis dengan aktivitas blogging kita.

    Saya pengen banget ngundang temen-temen blogger Malang, Sabtu 16 Mei di Watugong 6 jam 12.00 siang
    Saya dan Meuthia Rizki, mau sharring bisnis yang bisa sinergis dengan aktivitas blogging kita. Bisnis yang memberi kita gaji kedua lah..

    Monggo kalau mau dateng, temen-temen blogger diajak juga nggak apa-apa lho =)

    -mai-
    http://www.maisyafree.com
    081226972165

Leave a Reply

