Sesuatu menyadarkanku. Selalu ada spasi di tiap kata. Selalu ada jeda di setiap peristiwa. Setiap orang pasti punya kebutuhan untuk memiliki ruang sendiri. Privasi yang tak terjajah oleh siapapun. Sayap untuk terbang, ruang untuk bernapas dan bergerak.

Bagiku, satu spasi begitu berarti. Cukup satu, tak kurang, tak lebih. Satu langkah untuk berjarak, mengendurkan ikatan tanpa maksud melepaskan.
Saat orang lain meminta spasi, aku akan memberinya. Selama itu membuatnya nyaman.

Bila tanpa sengaja aku menginjak teritorialnya, aku akan pergi tanpa kata-kata, dan menyimpannya sendiri. Ini bukan teritorialku dan aku tak punya hak untuk mengobrak-abrik seenaknya.

Dan bila ia memintaku kembali, aku akan datang dan duduk di sampingnya, tersenyum dan berkata, “Sudah merasa lebih baik?”

Aku hanya ingin membuatmu nyaman di sampingku, tanpa harus mengenakan topeng, tanpa harus kehilangan diri sendiri…
Setiap orang ingin dimengerti… akan tetapi siapkah kamu untuk mengerti orang lain?

