161209

Untuk pertama kalinya, setelah sekian lama mendadak-metal (mellow total) dan berkutat dengan diri sendiri, seperti anjing yang mengejar ekornya (dan ga dapet-dapet juga ekornya), aku kembali pada penulisan yang pernah aku gunakan tahun 2004 dulu: bodoh, sederhana, tapi karena kesederhanaannya aku tak kesulitan memahami diriku sendiri. seperti meneguk air putih, sebegitu mudahnya. Tanpa tambahan pewarna atau pengawet apapun.

Malam ini, seperti biasa, bila aku merasa terperangkap dalam pemikiranku sendiri dan suara-suara di dalam pikiranku mulai mengumpat satu sama lain, maka aku harus keluar dan mencari ketenangan. Kemana kakiku melangkah? Yang pertama cari pulsa, tentu saja. Berjalan kaki menjelang malam, apalagi sendirian cukup beresiko untuk seorang perempuan (digodain, disapa orang ga dikenal…Jadi berhati-hatilah, hindari jalan setapak yang sepi dan tanpa penerangan. Manusia lebih seram daripada setan). Tapi aku nekat, hanya Tuhan yang tahu kenapa. Aku menuju tempat yang sering aku kunjungi, dimana aku bisa menikmati segelas teh tarik dan sepiring roti panggang sendirian, tanpa merasa canggung dan kesepian. Bagiku, buku dan pensil sudah cukup untuk menemaniku. Menuliskan perasaanku, menguraikan benang kusut dalam pikiranku, dan menuliskan jadwal untuk besok membuatku bisa sedikit bernapas lega. Memang tak memberikan solusi, tapi setidaknya aku tahu mengapa aku begini.

Ketakutan yang selama ini aku halau dengan pemikiran menguatkan diri, ternyata efek penyembuhannya tak berlangsung lama. Seperti membohongi diri sendiri, berpendapat semua baik-baik saja, padahal tidak begitu adanya. Jadi aku membiarkan dia datang, menari, dan berlalu, mewujudkan dirinya menjadi sesuatu yang lain. Menjadi kepasrahan yang bukan sekedar membiarkan begitu saja. Menjadi energi yang memberi kekuatan untuk berusaha, dan menyerahkan hasilnya pada Yang Lebih Berkuasa. Seperti menetralkan diri, tak terlalu asam atau terlalu basa, sehingga mudah untuk menerima apa yang ada.

Quote of the day (especially for those thinkers outside):

“Think less, act more.”

Sometimes selfish and impulsive isn’t that harmful 🙂

Free Image Hosting at www.ImageShack.us

senja yang masih membiru

4 thoughts on “161209

  1. Happy early NEW YEAR 2010!
    welcome the new day full of smiles and hope,
    Wish the world of blogger still victorious,
    More friendship and brotherhood,
    Wish all the best for us,
    Happy, happy, happy new year 2010!
    SELAMAT TAHUN BARU 2010!

    -tuteh-

    ==================

    Btw, saya juga suka menikmati kesendirian… ditemani sepi, senyap…

Leave a Reply

