Menyambung dari posting sebelumnya – Good Read! (1), saya menampilkan komik-komik yang saya baca hingga 2 minggu lebih ini:

Otoboke Section Chief 2 (Masashi Ueda)

Masih ingat dengan komik Kobo-chan atau Kariage-kun? Kalau Kobo-chan tokohnya adalah anak TK yang polos dan Kariage-kun adalah karyawan kantoran yang usil, disini tokoh utamanya adalah Otoboke, seorang kepala bagian di suatu perusahaan yang sekaligus menjadi kepala keluarga. Tapi tetap saja ceritanya lucu dan menggelitik, tanpa harus ‘agak’ kurang ajar seperti Shinchan.

Tena on S-string 1 (Sesuna Mikabe)

Kyosuke, guru piano yang selamat dari kecelakaan mobil mendadak bisa melihat dan mendengar musik jiwa. Rupanya nada yang menyambung hidupnya itu adalah parasit yang berbahaya. Dia bertemu dengan Tena, penyetem musik jiwa yang bertugas membetulkan musik kehidupan yang melenceng dari seharusnya. Selain itu, kompetisi merebutkan nada parasit menyebabkan Kyosuke juga diincar oleh penyetem musik jiwa lain.

Shoujo manga yang ringan, tapi tak selalu klise (atau belum?).

The Princess Bouquet 1 (Pink Aomata)

Sebuah toko bunga ‘Chateau La Fleur’ di lereng bukit, dikelola oleh dua pemuda tampan dan satu anak laki-laki yang manis (Yutaka, Kaoru, Suku) setelah ditinggalkan oleh Hana, pemiliknya. Walau terkadang berselisih, mereka memiliki tujuan yang sama yaitu membawa kebahagiaan untuk orang yang berkunjung kesana.

Pernah membaca komik yang sejenis di Hanalala, tapi lupa judulnya. Ceritanya juga sama, tiga orang pemuda pengelola toko bunga. (masih) shoujo manga yang ringan. Kadang-kadang bingung juga, mengapa menamakan toko bunga yang susah dibacanya.

Kiruto (Miyuki Takahashi)

Ryuuji dan Kiruto, dua sahabat karib sejak kecil. Di dekat tempat tinggal Ryuuji terjadi pembunuhan berantai. Dua wanita dari keluarga Houjou ditemukan mati tercabik-cabik. Anehnya, handuk milik Ryuuji tergeletak di dekat mayat pertama. Ryuuji sendiri sering bermimpi buruk sejak terjadi pembunuhan itu. Mimpinya terasa nyata, ada yang berteriak. Emosi puncak seperti kebencian dan amarah masih tersisa dalam diri Ryuuji dan tak kunjung lenyap. Sepertinya ini ada hubungan dengan kehidupan lalu Ryuuji…

Nurse Diary 10 (Sayumi Kai)


Ini cerita seorang Kai yang (katanya) pernah jadi perawat sebelum jadi komikus. Konyol, karena banyak hal-hal tak terduga yang terjadi selama waktu jaga dan waktu masih siswi keperawatan. Misalnya saat Kai waktu malam-malam disuruh ikut polisi untuk mengumpulkan tubuh mayat yang bunuh diri dengan menabrakkan diri ke kereta api. Dia dibantu oleh seseorang yang juga ada disitu. Tak disangka, ternyata yang sudah membantu mengumpulkan anggota tubuh yang berserakan adalah arwah korban itu sendiri!

Ini nih perawat yang seenaknya sendiri, kadang-kadang menghasut juniornya untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang tidak dia inginkan. Hahaha. Tapi ada juga cerita tentang dokter dan pasiennya yang terus mengejarnya (note: pasiennya baru ganti kelamin jadi wanita).

Red Haired Snow White 3 (Sorata Akizuki)

Shirayuki adalah gadis yang memiliki rambut merah seperti apel sejak dia lahir. Karena kelangkaannya itu, Pangeran Raji yang terkenal akan reputasi buruknya memintanya menjadi selir. Shirayuki yang tak ingin jadi selir pangeran tersebut pun memutuskan keluar dari negaranya. Sesampainya di hutan, Shirayuki ditolong oleh Zen, pangeran kedua dari negeri tetangga. Shirayuki memutuskan ikut Zen ke negaranya dan magang menjadi apoteker kerajaan. Hubungan mereka yang bertambah erat juga diikuti dengan munculnya orang-orang yang mendukung maupun menentang keberadaan Shirayuki di kerajaan tersebut.

The Great Detective Kiyoshiro Yumemizu 9 (Kei Enue & Kaoru Hayamine)

Detektif hebat Kiyoshiro Yumemizu kedatangan seorang tamu dari Hawaii, yang memintanya untuk memecahkan misteri yang terjadi di keluarganya. Tamu tersebut adalah Aloha Taro Yamada, anak di keluarga Aloha Yamada yang super kaya raya. Keluarga tersebut satu-persatu menghilang secara berturut-turut di kastilnya, dan menimbulkan desas-desus bahwa kastil tersebut dikutuk…

Bisa dibilang ini adalah sisi lain dari detektif yang biasanya menegangkan seperti Conan atau Kindaichi misalnya, karena bisa dibilang Yumemizu ini dalam kondisi normal malah sangat suka makan, tidur, tak bertenaga, dan selama penyelidikan malah suka bermain kesana-kemari. Tapi tentu saja kemampuannya dalam memecahkan misteri tak bisa diragukan lagi…

Born to Cook 6 (Daisuke Terasawa)

Pernahkah kamu membayangkan kalau bahan-bahan seperti kentang, ayam, jagung, dan bawang bisa jadi bermacam-macam masakan? Youichi Ajiyoshi, koki jenius menemukan Alan, anak berbakat dalam masak-memasak di Amerika Serikat dan ingin mengirimnya ke New York untuk belajar memasak pada koki kenalannya. Namun ayah Alan menolak mengijinkan dengan alasan Alan akan jadi penerus peternakan keluarganya yang sudah dikelolanya secara susah-payah. Untuk meluluhkan hati ayah Alan, Youichi, bersama Alan dan Sion, anak jenius dalam memasak yang ditemukan Youichi saat berkelana ke Timur Tengah membuat masakan yang bahan-bahannya harus berasal dari peternakan itu sendiri.

Saya memang menyukai komik yang bertema makanan, apalagi yang temanya tak sekedar membuat makanan tapi juga inovasinya. Rekomendasi sejenis: Yakitate! Japan

Wild Life 5 (Fujisaki Masato)

    Tessho Iwasiro, dulunya adalah seorang pemuda berandalan yang memiliki hati yang baik dan juga memiliki ketajaman irama, sekarang menjadi dokter hewan di R.E.D, rumah sakit hewan yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan hewan. Bersama asistennya yang cekatan dan Tsukasa Ryoto, dokter hewan senior yang tak jelas berapa usianya, mereka menghadapi persoalan dengan hewan, mulai dari hewan peliharaan, hewan laut hingga hewan liar.

    Walau temanya dokter hewan, tapi jalan ceritanya mudah dipahami dan tingkah laku Tessho yang bodoh tapi baik hati maupun Ryoto yang diam-diam jenius tapi tampak pervert (>.<) membuat komik ini terasa fun untuk dibaca.

    The Puppet Master Lin 2 (Shinji Wada)

    Lin, anak kedua di keluarga Kashima sekaligus satu-satunya yang tersisa dari klan Kashima harus melawan Miyabi, pemain biola terkenal yang mengincar sepuluh boneka misterius yang menjadi harta keluarga Kashima. Tentu saja pertempurannya adalah antara boneka Lin dengan boneka Kashima yang saat ini dipegang Miyabi.

    Gambarnya mengingatkan saya pada komik Topeng Kaca…

    Officer Monju 6 (Miyashita Hiroki)

    Monju, robot senjata anti kriminal dikirim tugas ke daerah. Ia tinggal bersama Opsir Junpei Yamagishi yang bisa diandalkan tapi mata keranjang dan Shino Kamiya, teknisi robot. Disana ia belajar banyak hal, hingga suatu saat ia bertemu saudaranya, Fugen. Namun Fugen menghilang dan dilaporkan menghabisi belasan orang yang melakukan transaksi senjata gelap di suatu daerah kumuh…

    Pandora Hearts 10 (Jun Mochizuki)

    Oz Vessalius, Alice, dan Gilbert Nightray yang tadinya mencari pintu menuju Sabrie malah terjebak ilusi. Gilbert, melihat masa lalunya saat bersama Vincent, adiknya yang bermata merah sebelah dan dijuluki anak pembawa sial, Alice yang melihat sisa kenangannya dulu bersama Jack Vessalius. Oz sendiri seperti hilang kendali dan kemudian bertemu lagi dengan Eliot Nightray dan Reo, asistennya. Di jilid ini lebih ditekankan pada masa kecil Gilbert dan Vincent, pertemuan Oz dan ayahnya, dan upaya pencarian Glen Baskerville.

    Seperti yang bisa diharapkan dari buatan Square-enix, ceritanya kompleks dan bukan sesuatu yang bisa dipahami dengan dibaca sekilas. Apalagi kalau jeda waktu membaca dengan jilid sebelumnya cukup lama, harus mengingat-ingat lagi ceritanya karena tidak ada ringkasan sebelumnya. Cerita yang semakin complicated, karena banyaknya tokoh yang terlibat, alur yang flash back berkali-kali, dan penceritaan yang mendetail hampir untuk setiap tokohnya.

    The Drops of God 1 (Tadashi Agi & Shu Okimoto)

    Miyabi Shinohara, seorang somelier di suatu restoran, bertemu dengan Shinzuku Kanzaki, putra kritikus wine (Yutaka Kanzaki, baru saja meninggal dunia) yang bekerja di perusahaan bir. Namun Shinzuku terancam kehilangan hak warisnya karena isi surat wasiatnya mengatakan bahwa Shinzuku harus bersaing dengan Issei Tomine, kritikus wine terkenal yang juga anak angkat Yutaka Kanzaki.

    Ini yang aku suka dari Level Comics, seperti slogannya, “…menghadirkan komik untuk pembaca dewasa dengan menampilkan tema dewasa, alur cerita yang lebih kompleks, dan lebih menantang.” Tak hanya tema yang tak pernah aku baca sebelumnya (wine dan segala macamnya), tapi di halaman belakang juga ada kolom pengetahuan tentang wine, apa itu vintage (tahun produksi wine), mengapa wine tahun sekian dan tahun sekian rasanya sangat berbeda, fungsi decanter, perbedaan wine Bordeaux dan Burgundy, peringkat wine. Biasanya wine yang tergolong peringkat atas cenderung memiliki harga, rasa, serta kualitas yang cenderung bagus. Tapi itu bukan sesuatu yang absolut, karena ada juga wine yang peringkatnya rendah tapi rasanya bisa mengalahkan wine peringkat atas.Walau saya tak pernah minum wine, tapi membaca penuturannya jadi bisa membayangkan rasa wine Domaine De La Romanee-conti 1990 Richebourg,

    “…cairan yang seperti rubi cair, wangi harum perlahan menggelitik penciumanku, dalam sekejap, ada sensasi seolah seseorang baru saja menyerahkan sebuket bunga padaku.
    Tanpa dapat menahan rasa penasaranku…aku mengamati cairan itu melalui cahaya lilin. Warna ungu cerah dari mawar tua, setelah beberapa saat, pinggiran wine berubah warna menjadi sedikit oranye. Kuletakkan perlahan di atas lidahku. Tidak, bukan sebuket bunga, lebih kompleks lagi. Ya, rasanya seperti harum seratus bunga yang terkumpul.”

    Gambar diambil dari 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13

    Advertisements