Di awal tahun 2008, saya membuat banyak wishlist dan resolusi untuk setiap tahun baru. Sebagian tentu saja terlupakan, seringkali membuat saya tertekan, dan ujung-ujungnya dengan sengaja melupakan bahwa saya pernah membuat catatan seperti itu.

Tapi ternyata catatan dan resolusi seperti itu berguna di saat saya merasa tidak mengerti harus berbuat apa untuk langkah ke depannya. Membaca catatan itu, saya merasa bahwa saya punya tujuan yang ingin dicapai dalam hidup. Mengingatkan bahwa setiap kegagalan yang dialami akan mengantarkan saya untuk lebih hati-hati dan lebih bersiap-siap untuk langkah selanjutnya.

Beberapa minggu yang lalu, saya membuka catatan yang berjudul “Power of Dream” (terlihat MLM sekali, tapi sebenarnya isinya ya wishlist selama ini) sejak tahun 2008. Dan Alhamdulillah, ternyata sebagian dari apa yang saya inginkan terwujud. Setelah lelah terus berjalan, menengok ke belakang untuk mengetahui seberapa jauh saya berjalan membuat saya lebih bersemangat untuk meneruskan perjalanan.

Walau mungkin bagi sebagian orang apa yang saya capai bukan apa-apa, saya tak perduli. Setiap orang punya mimpinya masing-masing kan? Satu hal yang saya syukuri…saya masih bisa bermimpi 🙂

“You can have it all. Just not all at once.”
Oprah Winfrey
Advertisements