Kapan terakhir kamu menulis surat untuk seseorang secara manual? Atau lebih tepatnya, kapan kamu menulis catatan tangan dengan pensil atau pena di atas kertas?

Saya orang yang percaya bahwa tulisan tangan bisa menyalurkan lebih banyak emosi daripada mengetik dengan keypad ponsel atau keyboard komputer. Saya cenderung berkata lebih banyak di surat daripada mengetik dimanapun. Dan saya lebih menghargai apapun dalam bentuk tulisan tangan, atau segala sesuatu yang bersifat personal. Surat, kartu pos, kamera analog. Muatan emosionalnya lebih melimpah, sampai foto, surat-surat atau notes-notes percakapan labil antara saya dan teman-teman sepermainan saat SMP pun masih saya simpan. Tak perlu mesin waktu, tak perlu laci meja belajar Nobita untuk kembali ke masa lalu. Cukup duduk dan membuka kotak surat yang berdebu.

Kita semua menyimpan sejarah lebih banyak dari siapapun.

