Sekarang aku ingin bercerita.
Belum ada satu pun permasalahan yang terpecahkan, dan mungkin saja kondisinya tetap sama saat kisah ini berakhir. Alhasil, menulis bukanlah cara untuk menyembuhkan diri, melainkan tidak lebih daripada sekadar percobaan-percobaan kecil dalam upaya menyembuhkan diri.

Namun, sungguh sulit rasanya untuk bisa bercerita secara jujur. Semakin aku berusaha untuk jujur, kata-kata yang tepat tenggelam semakin dalam di kegelapan.

Aku tidak bermaksud berdalih. Sedikitnya, apa yang kuceritakan di sini adalah yang terbaik yang ada di dalam diriku sekarang. Tidak ada yang kutambahkan. Meski demikian, aku juga berpikir seperti ini. Jika semua berjalan lancar, maka di masa yang akan datang mungkin aku bisa menemukan diriku yang sudah terselamatkan, entah beberapa tahun atau beberapa puluh tahun kemudian. Saat itu gajah-gajah akan pulang ke padang rumput, dan mungkin aku mulai berkisah tentang dunia dengan kata-kata yang jauh lebih indah.

(Dengarlah Nyanyian Angin/Hear the Wind Sing – Haruki Murakami)

Quote pertama yang ada di halaman 2. Masih banyak quote lain yang ingin ditulis, tapi tidak sekarang. Mungkin nanti, saat gajah-gajah sudah pulang ke padang rumput.

