Benda ini makan segalanya;

Burung, binatang, pohon, dan bunga;

Mengerat besi, menggigit baja;

Batu keras pun digilingnya;

Membunuh raja, menghancurkan kota.

Meruntuhkan gunung sampai rata.

Kalian pernah mendengar atau membacanya? Ya, itu salah satu teka-teki Gollum untuk Bilbo di The Hobbit.

“Bilbo memikirkan nama segala raksasa dan gergasi yang pernah didengarnya dalam dongeng, tapi tak ada satu pun raksasa yang bisa melakukan segala hal ini.”

Bilbo yang nyaris dimakan Gollum bisa menjawab dengan benar karena keberuntungan. Saat ia ingin berteriak,”Beri aku waktu! Beri aku waktu!” yang keluar dari mulutnya dengan suara melengking hanyalah: “Waktu! Waktu!”

 Memang itulah jawaban teka-tekinya.

Waktu saya membaca ini, saya teringat kalimat yang pernah saya tulis sebelumnya di suatu tempat.

Waktu muda, kita menukar waktu dengan uang. Kita berpikir, uang bisa membeli segalanya, termasuk waktu bersenang-senang di saat tua.

Waktu tua, kita menukar uang dengan waktu. Kita rela membayar uang sebesar apapun demi bisa kembali ke masa lalu, masa muda.

Mungkin itu sebabnya krim anti-aging laku keras di kalangan wanita menginjak usia paruh baya #apasih

