Sejak Bulan Oktober

Sejak bulan Oktober 2015, saya berhenti menulis apapun disini.  Meninggalkan sedikit remah-remah di twitter, posting foto kuliner di instagram (jika ingat), membalas pesan di Beetalk sesekali. Selebihnya aktivitas saya lebih banyak di kantor, saling mengirim pesan dengan para sahabat, banyak membaca artikel kesukaan, dan bermain game online.

Saya seperti sedang menenun kepompong udara, dan membungkus diri saya sendiri dalam versi lebih ceria dan terbuka. Menunggu sampai tiba waktunya versi saya yang lebih baik, terbangun.

Tentu saja itu adalah alasan saya untuk tetap bertahan di zona nyaman. Agenda mini yang rencananya dibuat untuk menuliskan remah-remah pikiran, akhirnya lebih banyak diisi dengan jadwal, to d0-list, daftar belanja bulanan, dan resep masakan sederhana. Sejak salah satu dari sahabat saya pindah ke luar kota, otomatis saya tidak banyak melakukan pertemuan dengan orang lain (di luar lingkup keluarga dan pekerjaan). Saya semakin senang menyibukkan diri sendiri dengan hal-hal yang tidak membutuhkan pertemuan baru.

Baru akhir-akhir ini saya memberanikan diri untuk bergerak ke jalan yang baru, mulai dari hal-hal kecil, seperti:

  • Saya (akhirnya) mencoba yoga sendiri di rumah dengan bantuan aplikasi android. “Beginner Bala Yoga for Back and Abs,” adalah permulaannya, karena sebelumnya saya sering mengeluh sakit punggung dan badan kaku. Walau belum bisa mengikuti satu sesi penuh (45 menit), dalam waktu dua minggu ini saya merasa lebih bugar dan tidak ada keluhan sakit punggung tiap kali bangun tidur. Ini tentu saja ditunjang dengan lebih giat minum air putih,
  • Mindful eating. Saya masih suka pizza, cokelat, es krim, dan sebagainya. Namun saya berusaha untuk selalu bertanya pada diri sendiri, ketika saya marah, sedih, frustasi, bosan apakah saya benar-benar lapar? Meneguk air putih cukup membantu dan menenangkan pikiran. Saat saya ingin mengambil segelas minuman bersoda berikutnya, membuka bungkus cokelat kedua, atau makan gorengan beberapa potong, saya berhenti sejenak dan berpikir, inikah yang saya inginkan? Think twice. Dalam 2-3 bulan terakhir, ini membantu mengurangi frekuensi jajan di luar atau mengemil di saat bosan.

Tentu saja, masih banyak yang perlu dikoreksi untuk menjadi diri yang lebih baik. Tidak mudah, tapi bukan tidak mungkin.

Bagaimana denganmu?

6 thoughts on “Sejak Bulan Oktober

  1. Semenjak pindah kosan aku sekarang jadi agak rajin masak sendiri El 🙂 Walopun masakannya jauh dari kata wah (so simple ala anak kosan), tapi tetep aja seneng makan bikinan sendiri x) *target 2016: hidup sehat dan dieeetttt hahahaha*

Leave a Reply

