Sepuluh tahun berlalu, terlalu banyak memori tersimpan, terlalu banyak kenangan terlupakan.

Jatuh bangun berkali-kali.

Membenci dan memaafkan.

Pemakaman tanpa air mata.

Bunga mawar yang tak sempat terbeli.

Prioritas menggunakan uang dan waktu sudah berubah sejak sepuluh tahun yang lalu.

Ada yang berubah.

Terlalu sering saya tenggelam dalam rutinitas. Saya tak lagi menulis untuk mengosongkan pikiran. Saya memilih berkeluh kesah dengan orang tersayang, atau konfrontasi langsung dengan orang lain jika ada sesuatu yang tidak beres. Catatan harian berganti catatan anggaran keuangan tiap bulan. Tempe goreng dengan sambal bawang sekarang menjadi menu yang selalu saya nantikan.

Ada yang tetap sama.

Saya masih sering sulit tidur jika ada pikiran yang mengganggu. Saya masih suka main games online dan baca komik. Saya sedang ‘menekuni’ ritual skincare Korea dan memilah tahapan mana yang bisa disesuaikan dengan tipe kulit saya. Jajan saya sekarang nggak cuma makanan, tapi juga skincare :))

Kalau kamu, apa yang berubah setelah sepuluh tahun?

